• dinkes@dumaikota.go.id
  • -

Informasi Kegiatan :

12 Februari 2020 Hotel The Zuri Dumai, Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Kondisi gagal tumbuh pada anak balita disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu lama serta terjadinya infeksi berulang, dan kedua faktor penyebab ini dipengaruhi oleh pola asuh yang tidak memadai terutama dalam 1.000 HPK. Anak tergolong Stunting apabila Panjang Badan atau Tinggi Badan menurut Umurnya lebih rendah dari standar nasional yang berlaku. Standar dimaksud terdapat pada Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan beberapa dokumen lainnya.

Penurunan Stunting penting dilakukan sedini mungkin untuk menghindari dampak jangka panjang yang merugikan seperti terhambatnya tumbuh kembang anak. Stunting mempengaruhi perkembangan otak sehingga tingkat kecerdasan anak tidak maksimal. Hal ini beresiko menurunkan produktivitas pada saat dewasa. Stunting juga menjadikan anak lebih rentan terhadap penyakit. Anak Stunting beresiko lebih tinggi menderita penyakit kronis di masa dewasanya. Bahkan Stunting dan berbagai bentuk masalah gizi diperkirakan berkontribusi pada hilangnya 2-3% Produk Domestik Bruto (PDB) setiap tahunnya.

"Harapan adanya kesepakatan serta penandatanganan komitmen bersama dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kota Dumai, antara lain dengan Kementerian Agama, Forkopimda serta sektor lainnya dalam lingkungan Pemerintah Kota Dumai" Kata ibu Kabid. Kesehatan Masyarakat, Sintia Riza.

Rincian Kegiatan

  • Nama Bidang/Seksi:
  • Instansi Bidang/Seksi:
  • Jadwal kegiatan:
  • Tanggal Kegiatan ::
  • Komentar Bidang/Seksi:

Hubungi Kami

Kegiatan Sebelumnya

-

BUTUH AMBULANCE GRATIS ??