• dinkes@dumaikota.go.id
  • -
News Photo

Sistem Kewaspadaan Dini Kejadian Luar Biasa (SKD KLB) DBD

Demam berdarah dengue (DBD) adalah Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Virus Dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti. . Penyakit ini dapat menyerang semua orang dan dapat mengakibatkan kematian, terutama pada anak serta sering menimbulkan Kejadian Luar Biasa (Soegijanto, 2006). DBD ditandai dengan munculnya awitan akut demam yang disertai dengan tanda dan gejala yang tidak spesifik.
Penyakit DBD telah menjadi penyakit yang mematikan sejak tahun 2013 yang telah tersebar di 436 kabupaten/ kota pada 33 propinsi di Indonesia. Jumlah kematian akibat DBD tahun 2015 sebanyak 1.071 orang dengan total penderita yang dilaporkan sebanyak 129.650 orang. Nilai Insidence rate (IR) di Indonesia tahun 2015 sebesar 50,75% dan Case fatality rate (CFR) 0,83%. (Kemenkes RI, 2016b).

Penyakit DBD merupakan salah satu penyakit yang berpotensi menimbulkan wabah, oleh karena itu perkembangan kasusnya harus dilaporkan setiap minggu melalui aplikasi Sistem Kewaspadaan Dini Respon (SKDR) secara online sehingga dapat dicegah kemungkinan terjadinya KLB.

Oleh karena itu dalam upaya pencegahan perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti dihimbaukan kepada puskesmas bersama kader khususnya petugas pemantau jentik secara berkala para sektor yang rawan wabah DBD. selanjutnya mengajak masyarakat disetiap kelurahan untuk kembali giat menggalakkan kegiatan gotong royong secara rutin dan kegiatan PSN. memberikan edukasi warga tentang penyakit DBD serta melaporkan kepuskesmas jika ada warga yang menderita gejala DBD.

 

Berbagi Berita Ini

BUTUH AMBULANCE GRATIS ??